Site Loader
U-DITCH UNTUK SALURAN DRAINASE Definisi Drainase Drainase adalah suatu cara pembuangan kelebihan air yang tidak diinginkan pada suatu daerah, serta cara-cara penanggulangan akibat yang ditimbulkan oleh kelebihan air tersebut (Suhardjono,1984: 1). Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan   air.  Secara  umum,   drainase   didefinisikan   sebagai   serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Drainase juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan sanitasi (Dr. Ir. Suripin, M.Eng.2004) Sesuai dengan prinsip sebagai jalur pembuangan maka pada waktu hujan, air yang mengalir di permukaan diusahakan secepatnya dibuang agar tidak menimbulkan genangan yang dapat mengganggu aktivitas dan bahkan dapat menimbulkan kerugian (R. J. Kodoatie, 2005). Adapun fungsi drainase menurut R. J. Kodoatie adalah:
  1. Membebaskan suatu wilayah (terutama yang padat dari permukiman) dari genangan air, erosi dan banjir.
  2. Karena aliran  lancar  maka  drainase  juga  berfungsi  memperkecil  resiko kesehatan lingkungan, bebas dari malaria (nyamuk) dan penyakit lainnya.
Jenis – Jenis Drainase Salah satu jenis drainase menurut konstruksi adalah sebagai berikut : 1. Saluran Terbuka Saluran terbuka adalah sistem saluran yang biasanya direncanakan hanya   untuk   menampung   dan  mengalirkan   air  hujan  (sistem terpisah), namun kebanyakan sistem saluran ini berfungsi sebagai saluran   campuran.   Saluran terbuka bisa menggunakan saluran beton precast berbentuk setengah lingkaran atau disebut Greffel. Atau berbentuk U atau sering disebut U-Ditch. Kadang U-Ditch juga dilengkapi dengan tutup yang bisa diangkat atau disebut Cover U-Ditch. 2. Saluran Tertutup Saluran tertutup adalah saluran untuk air kotor yang mengganggu kesehatan lingkungan. Sistem ini cukup bagus digunakan di daerah perkotaan terutama dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi seperti kota Metropolitan dan kota-kota besar lainnya. Saluran tertutup bisa menggunakan saluran beton yang berbentuk lingkaran yang sering disebut juga Buis Beton/Pipa Beton  atau kotak yang sering disebut Box Culvert. Saluran Drainase U-Ditch   Uditch adalah beton precast  atau beton pracetak bertulang mutu mulai fc’ 30,33 MPa (K350) atau mutu lebih tinggi yang memiliki penampang seperti huruf U dengan panjang efektif 1 atau 1,2 meter. Uditch dipilih sebagai saluran drainase memiliki kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Proses pekerjaan proyek saluran drainase menjadi lebih cepat, sehingga menekan biaya dan meminimalisir terganggunya aktivitas pada masyarakat.
  2. Pemanfaatannya lebih cepat, setelah pemasangan, saluran beton precast uditch sudah bisa dilalui air.
  3. Uditch memiliki dimensi tertentu atau ramping dibanding pasangan batu kali atau turap sehingga tidak banyak memakan tempat atau mengganggu fasilitas lain.
  4. Pemasangan uditch dan covernya dapat berfungsi untuk crossing jalan.
  5. Drainase uditch lebih rapih.
  6. Umur pemakaian drainase uditch lebih lama.
  7. Uditch meiliki daya lateral yang tinggi sehingga mampu menahan beban dari tanah dan juga aliran air.

Post Author: admindacon